Never Stop Learn

Senin, 05 November 2018

Menginginkan kebaikan

 
Pernahkan dalam menjalani suatu pekerjaan kamu merasa malas ? Nah mimin dapat inspirasi ni dari para bapak-bapak yang berada di Desa Sidowaluyo Lampung Selatan. Mimin minggu kemarin mendapat undangan untuk menghadiri resepsi pernikahan sahabat. Sore itu adzan ashar berkumandang, segara kulangkahkan kaki menuju masjid dekat guest house. Setelah selesai shalat saya sempatkan mengobrol dengan salah seorang jamaah yang berada di Masjid. Hehe...Kami pun berkenalan dan ternyata beliau adalah orang Madiun,Alhamdulillah...ketemu disini, beliau merantau kesini  melalui program transmigrasi yang digalakkan pada masa Orde Baru. Beliau menjelaskan bahwa daerah sidowaluyo banyak masyarakat berbagai suku menetap tinggal disini, mereka guyub rukun dan gotong royong membangun wilayah mereka. Dengan usaha dan kerja keras, akhirnya tanah yang mereka olah menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Walau harus jauh dari keluarga tempat daerah asal, namun dibumi manapun tetap itu adalah milik Allah. Dan akhirnya mereka mendapatkan kesuksesan.  Nah ada beberapa nilai nuui yang mungkin bisa kita ambil hikmahnya...




                                                    Pelabuhan Merak 2 November 2018

BACA JUGA : BERLARI

Ganti “Saya Harus” dengan “Saya Ingin”
Berpikir bahwa kita harus mengerjakan sesuatu secara otomatis akan mengundang perasaan terbebani dan kita menjadi malas mengerjakannya. Kita akan mencari seribu alasan untuk menghindari tugas tersebut. Satu tip yang bisa kita gunakan adalah mengganti “saya harus mengerjakannya” dengan “saya ingin mengerjakannya”.
Cara pikir seperti ini akan menghilangkan mental blok dengan menerima bahwa kita tidak harus melakukan pekerjaan yang kita tidak mau. Kita mau mengerjakan tugas karena memang kita ingin mengerjakannya, bukan karena paksaan pihak lain. Kita selalu punya pilihan dalam kehidupan ini. Tentunya pilihan sebaiknya dibuat dengan sadar dan tidak merugikan orang lain. Intinya adalah tidak ada seorang pun di dunia ini yang memaksa kita untuk melakukan sesuatu, melainkan karena kita menginginkannya. 


@Masjid Miftahul Huda, Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan.
Share:

5 comments:

Arsip Blog